Belanda

09-06-2010 20:32
Belanda
(c)afp
Belanda (c)afp

Bola.net - Belanda tak pernah berhenti menghasilkan para pemain hebat. Sebut saja nama-nama pemain seperti Johan Cruyff yang menjadi generasi emas Belanda saat dua kali menembus final Piala Dunia (1974 dan 1978).

Setelah itu, Belanda kembali menelurkan generasi emas seperti trio Ruud Gullit, Frank Rijkaard, dan Marco van Basten. Di era ini, Oranje sukses menjadi jawara Piala Eropa 1988.

Selanjutnya, Belanda memang se1alu masuk daftar unggulan di berbagai ajang, Tapi, koleksi gelar mereka tak kunjung bertambah. Oranje bahkan tak lolos kualifikasi Piala Dunia 2002.

Di Piala Dunia 2010, Belanda kembali akan diperkuat oleh para pemain berkaliber bintang. Tak berlebihan jika mereka menjadi salah satu kandidat juara. Hal itu seiring dengan ambisi tinggi yang diusung para punggawa Oranje.

Bukti berapa besarnya ambisi itu sudah tersaji saat kualifikasi zona Eropa. Belanda tampil sebagai jawara grup 9. Mereka pun selalu menang dalam delapan laga dengan memasukkan 17 gol dan kemasukan dua gol.

Skuad yang ada sekarang tak jauh beda dengan yang diturunkan saat Euro 2008 lalu. Pelatih Bert Van Marwijk tak akan melepaskan diri dari total football yang sudah mengakar. Perbedaan besar ada di sisi penjaga gawang. Itu tak lepas dari keputusan Edwin van der Sar untuk pensiun dari timnas.

Target juara dicanangkan oleh KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda). Mimpi belanda adalah membawa pulang Piala Dunia untuk pertama kalinya.. (bola/bola)



BERITA TERKAIT