Video: Manipulasi UEFA Selama Euro 2012

Sabtu, 07-07-2012 07:00


Bola.net - Kabar-kabar yang beredar belakangan ini menyebutkan bahwa sejumlah momen di televisi selama Euro 2012 ternyata tidak sesuai dengan kenyataan.

Perwakilan televisi Jerman mengajukan komplain kepada UEFA setelah mengetahui adanya manipulasi dalam tayangan pertandingan semifinal antara Jerman kontra Italia.

Setelah Mario Balotelli membawa Azzurri unggul 2-0, kamera menyorot seorang fans wanita Die Mannschaft yang menitikkan air mata, seolah sedih karena timnya sudah hampir pasti kalah dan tersingkir dari kejuaraan.

Akan tetapi, kemudian terungkap bahwa fans bernama Andrea yang berasal dari Dusseldorf itu bukanlah menangisi robeknya gawang Jerman oleh finishing Balotelli. Adegan itu sebenarnya terjadi ketika dia mendengarkan lagu kebangsaan negaranya sebelum laga dimulai.

Dieter Gruschwitz dari ZDF, satu dari dua televisi Jerman yang menayangkan pertandingan itu, menulis surat resmi kepada UEFA terkait 'penyelewengan' tersebut.

"Insiden ini tidak bisa diterima, karena telah membuat para penonton menganggap kejadian tersebut - wanita yang menitikkan air mata - merupakan akibat langsung dari situasi yang terjadi sebelumnya, gol kedua Italia. Ini sudah pasti sebuah manipulasi."

UEFA membela diri, sekaligus secara tidak langsung mengakuinya, dengan mengatakan bahwa mereka ingin menunjukkan "human story dari pertandingan tersebut" dan "menyampaikan emosi serta tensi para fans Jerman."

Yang mengejutkan, ternyata itu bukanlah pertama kalinya UEFA menyisipkan adegan pre-match di tengah-tengah pertandingan demi menghasilkan efek yang lebih baik.

Ingat ketika pelatih Jerman Joachim Loew mengusili seorang ball boy ketika timnya menang atas Belanda?

Itu pun ternyata kejadian sebelum kick-off. Tapi, UEFA membuatnya seolah-olah terjadi ketika dua raksasa Eropa tersebut melakoni bentrokan pada matchday 2 Grup B.

Video dari kedua insiden tersebut bisa dilihat di bawah ini.





 (101gg/yt/gia)