Italy

09-06-2010 20:52
Italia
(c)afp
Italia (c)afp

Bola.net - Nama Italia di sepak bola internasional tak perlu diragukan lagi. Italia adalah tim yang paling banyak tampil di Piala Dunia setelah Brasil. Dari 18 kali Piala Dunia, mereka hanya absen dua kali. Empat kali mereka menjadi juara.

Piala Dunia 2006 menjadi kesuksesan terakhir mereka padahal situasi kompetisi domestik mereka sedang kacau karena kasus calciopoli.

Pelatih Marcello Lippi yang tahun ini juga masih akan bersama tim. Dengan situasi yang lebih baik menjelang Piala Dunia 2010, seharusnya Lippi dan pasukannya bisa berbuat lebih banyak.

Tapi, dua tahun terakhir Azzurri dianggap menurun, mereka meraih hasil buruk di Euro 2008 dan Piala Konfederasi 2009.

Menuju Piala Dunia 2010, Italia memastikan melenggang ke Afrika Selatan setelah bermain imbang melawan Irlandia di dua laga sebelum pertandingan terakhir. Tapi, mereka gagal memainkan sepak bola yang mengagumkan di fase kualifikasi.

Italia masih bisa berharap banyak dengan kokohnya pertahanan yang mereka miliki. Saat ini lapisan benteng terakhir dihuni oleh trio Juventus, Fabio Cannovaro, Giorgio Chiellini dan Kiper Gianluigi Buffon. Ketiganya sejauh ini masih bisa diandalkan.

Tak seperti di Piala Dunia 2006, lini serang Italia dinilai berkualitas buruk. Masih jauh dari konsistensi dan ketajaman yang diharapkan. Penampilan penyerang mereka kerap angin-anginan. (bola/bola)



BERITA TERKAIT